Kamis, 18 April 2013

microATX

  
microATX




microATX (kadang-kadang disebut sebagai μATX, mATX [1] atau uATX [2] [3]) adalah standar untuk motherboard yang diperkenalkan pada Desember 1997. [4] Ukuran maksimum motherboard microATX adalah 244 mm x 244 mm (9,6 × 9,6 in), namun beberapa papan microATX dapat sekecil 171,45 mm x 171,45 mm (6,75 di × 6,75). [5] ukuran standar ATX adalah 25% lebih lama, di 305 mm x 244 mm (12 in × 9,6 in).

Saat ini tersedia [kapan?] MicroATX motherboard mendukung CPU dari VIA, Intel atau AMD.


 kompatibilitas

microATX secara eksplisit dirancang untuk menjadi mundur-kompatibel dengan ATX. Titik pemasangan motherboard microATX adalah subset dari yang digunakan pada ukuran penuh ATX papan, dan panel I / O identik. Dengan demikian, motherboard microATX dapat digunakan dalam kasus ATX ukuran penuh. Selain itu, motherboard microATX yang paling umumnya menggunakan konektor power motherboard yang sama seperti ATX, [6] sehingga memungkinkan penggunaan ukuran penuh power supply ATX dengan microATX papan.

microATX papan sering menggunakan chipset yang sama (northbridges dan southbridges) sebagai ukuran penuh ATX papan, yang memungkinkan mereka untuk menggunakan banyak komponen yang sama. Namun, karena kasus microATX biasanya jauh lebih kecil dari kasus ATX, mereka biasanya memiliki lebih sedikit slot ekspansi.




  
Motherboard ATX paling modern memiliki lima atau lebih PCI atau slot ekspansi PCI-Express, sementara microATX papan biasanya memiliki hanya empat (empat menjadi maksimum yang diijinkan oleh spesifikasi). Dalam rangka untuk menghemat slot ekspansi dan ruang kasus, banyak produsen memproduksi motherboard microATX dengan penuh berbagai peripheral terintegrasi (grafis terutama terintegrasi), yang bisa digunakan sebagai dasar untuk faktor bentuk kecil dan PC media center. Misalnya, A8N-VM CSM motherboard Asus (foto kanan) fitur onboard, GeForce 6 grafis, AC'97 audio, dan gigabit Ethernet (antara lain), sehingga membebaskan slot ekspansi yang akan digunakan untuk kartu grafis, suara kartu, dan kartu Ethernet. Dalam beberapa tahun terakhir, bagaimanapun, itu adalah umum bahkan untuk ATX papan untuk mengintegrasikan semua komponen, sebanyak fungsi ini terkandung dalam northbridge / southbridge pasangan khas. Dengan "must-have" fungsi yang sudah hadir pada motherboard, kebutuhan untuk memiliki banyak slot ekspansi telah memudar, dan adopsi microATX telah meningkat bahkan untuk digunakan dalam kasus ATX.

Keterbatasan lebih modern dari kasus microATX ini disebabkan pengurangan dalam drive bay. Southbridges saat mendukung hingga enam perangkat SATA, selain hingga empat perangkat IDE warisan. Rangkaian lengkap konektor biasanya ditemukan pada papan microATX, dan dapat sepenuhnya dieksploitasi jika papan sudah terpasang dalam kasus ATX.

Selain itu, beberapa kasus microATX memerlukan penggunaan kartu PCI Low-Profile dan menggunakan pasokan listrik dengan dimensi non-standar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar