Senin, 18 Februari 2013

sejarah VGA

sejarah VGA


VGA adalah kepanjangan dari Video Graphics Adapter

 

VGA itu singkatan dari Video Graphics Adapter, merupakan perangkat hardwere yang berfungsi untuk mengubah sinyal digital dari komputer menjadi tampilan grafik di layar monitor, dengan kata lain seluruh tampilan/gambar yang muncul di layar monitor adalah hasil dari kerja VGA.

VGA iru secara umum dapat dibedakan manjadi 2 yaitu VGA onboard dan VGA eksternal (pakai kartu VGA), tergantung dari setingan modherboard, ada yang hanya bisa VGA onboard (seperti kebanyakan pada laptop, notebook) atau yang bisa VGA onboard dan pakai kartu VGA juga.

Kemampuan sebuah VGA ditentukan oleh chip yang terdapat didalamnya atau yang sering disebut GPU (graphics processing unit) atau otak yang berfungsi mengolah data di VGA. Setiap brand VGA (Ati dan Nvidia) punya tingkatan-tingakatannya sendiri-sendiri, mulai dari kelas value yang kinerjanya paling rendah (untuk office, presentasi, internetan, game-game ringan, dll) mainstreme, performance, dan kelas tertinggi dan harganya termahal enthusiast (untuk tahu lebih jauh pembagian seri-seri vga sesuai kelasnya silahkan lihat di website Ati dan Nvidia)

Kapasitas memori sebuah VGA tidak berpengaruh secara langsung terhadap kualitas tampilan grafis, walau jenis-jenis memori yang digunakan dapat mempengaruhi kinerja VGA juga, mis VGA 9500GT dengan type memori DDR 3 lebih baik kinerjanya dari pada VGA 9500GT dengan DDR2 walau typenya sama. Kapasitas memori VGA yang besar lebih banyak berpengaruh pada resolisi maksimal yang bisa di capai...

VGA untuk sampean...? tentu beli sesuai dengan kebutuhan dan dana yang tersedia, tidak lupa sebelum membeli perhatikan slot VGA yang ada di modherboar cari yang sesuai (mis kalau modherboad pakai colokan VGA PCI-Ekspress maka beli kartu VGA yang mendukung slot PCI-Ekspress juga) tinggal di colok VGA ke slotnya di modherboard aja, lalu instal drivernya...



SEJARAH PERKEMBANGAN VGA

Pada sebuah PC ada 3 komponen yang sangat berperan penting dalam hal kinerja grafis: prosesor, memori, dan kartu VGA. VGA (Video Graphics Adapter), adalah standar tampilan komputer analog. VGA juga bisa diartikan sebagai komponen yang tugasnya menghasilkan visual dari komputer dan hardware yang memberikan perintah kepada monitor untuk menampilkan keluaran visual yang dapat kita lihat. VGA pertama kali dipasarkan pada tahun 1987 oleh IBM (International Bushiness Machines Corporation) disingakat menjadi IBM. NYSE : IBM adalah salah satu perusahaan AS yang membuat/memproduksi perangkat keras dan perangkat lunak. IBM didirikan pada 15 Juli 1911 dan beroprasi pada tahun 1888 yang berpusat di Armonk, New York, AS. VGA terdiri atas dua jenis, yaitu:
VGA onboard
VGA onboard adalah unit pemroses yang telah menyatu pada motherboard, maka VGA card tidak diperlukan lagi. Keberadaan chipset VGA onboard ini tidaklah bersifat tetap karena VGA onboard ini dapat diatur untuk tidak aktif jika user ingin memasang VGA card yang diinginkannya. Sejak IBM PC lahir pada tahun 1981 nyaris semua PC mempunyai memori terpisah untuk frame buffer, yaitu block memori dimana gambar yang keluar di layar monitor dipetakan. Ini bukan masalah bagi sistem yang memiliki video monochrome bebasis karakter. Karena frame buffer yang diperlukan hanya 2 KB. Tetapi GUI (Graphical User Interface) yang berbasis modern yang memerlukan layar bit mapped yang bersolusi tinggi dan warna sejati sangat rakus memori.Layar beresolusi 640 x 480 pixel dengan warna 8 bit meminta frame buffer sebesar 300 KB, sementara layar beresolusi 1024 x 768 pixel dengan warna 24 bit memerlukan memori sebesar 2,25 MB. Frame buffer yang dedicated , berukuran tetap. Tidak perduli mode layar yang sedang digunakan frame buffer harus mampu mengakomodasi resolusi paling tinggi dan kedalaman warna terbaik yang dapat didukungnya. Software tidak bisa memanfaatkan memori sisa dari frame buffer walaupun yang digunakan adalah resolusi rendah dan 16 warna. Ini penyebabnya oleh cara pemaketan Video dan konfigurasinya dalam sub sistem grafis yang khusus. Dengan demikian, ber-Mega-mega byte memori tersia-siakan. UMA (Unified Memori Architecture) menyatukan frame buffer dengan memori utama.
VGA bukan onboard (dengan kartu VGA)
Sejak sistem PC IBM pertama, didalam computer pasti ada unit kartu grafis, entah itu CGA, EGA, MCGA , VGA, atau yang lain. Dengan menggunakan kartu VGA bukan onboard maka akan didapatkan kinerja yang lebih baik daripada sistem yang menggunakan UMA (Unified Memori Architecture). Jika dulu sebuah kartu grafis 8 bit dengan memori 512 KB yang dapat menampilkan 256 warna pada resolusi 640 X 480 sudah cukup, maka sekarang tidak lagi. Kebutuhan minimal untuk komputer multimedia adalah kartu grafik 64 bit dengan memori 1 MB.
Sejarah Perkembangan 3D Graphics
Saat ini teknologi sudah semakin maju dan berkembang, para developer-developer GPU (Graphics Processing Unit) mulai meningkatkan kemampuan mereka dalam menghasilkan sebuah vga card yang bagus. Berikut ini adalah beberapa vga card dari yang pertama hingga yang sekarang ini :
  • S3 ViRGE    Kepanjangan dari “ViRGE adalah Virtual Reality Graphics Engine”, vga ini merupakan generasi pertama yang telah menggunakan teknologi 3D grafik. S3 ViRGE memiliki spec. 64-bit menawarkan 4 MB memory onboard, core dan memory clockspeeds up to 66 MHz, dan juga telah mendukung fitur-fitur seperti Bilinear dan Trilenear texture filtering, MIP mapping, Alpha blending, Z-buffering, dan 3D tekstur lainnya.
  • ATI RAGE 3D    & RAGE II    ATI RAGE II memiliki spec. 32-bit memory bus, dan memorynya hanya 2 MB. Karena kelemahan yang ada pada ATI RAGE 3D maka dibuatlah lagu seri ke-2nya yang diberi nama RAGE II yang memiliki spec. 8 MB SDRAM, 64-bit memory bus, memory clockspeeds up to 60 MHz, serta mendukung kemampuan untuk memutar DVD Playback.
  • NVIDIA NV3    VGA ini adalah buatan pertama dari Nvidia, vga ini juga dibuat dengan desain teknologi Microsoft’s DirectX 5 API. NVIDIA NV3 memiliki spec. 4 MB memory, 100 MHz core clockspeeds, bandwith 1.6 GB/s, 206 MHz RAMDAC dan mendukung AGP 2x.
  • NVIDIA NV4    VGA ini merupaka penerus dari NVIDIA NV3, namun NVIDIA NV4 tidak ada penambahan yamh signifikan dalam spec. seperti memory maksimum ditambah menjadi 16 MB dan mempunyai clockspeeds pada 110 MHz, tetapi Nvidia manambahkan beberapa kemampuan pada NVIDIA NV4 seperti teknologi “second pixel pipeline”, 32-bit true colors, dan fitur Trilinear filtering.
  • NVIDIA GEFORCE 256    VGA Nvidia ini memiliki kecepatan performa 2 kali lebih cepat daripada seri-seri sebelumnya, vga ini memiliki spec. DirectX 7, 4-pixel Rendering pipeline dan sebuah fitur bernama “cube environment mapping” yaitu yang gunanyauntuk menciptakan efek real time reflection.
  • NVIDIA GEFORCE SERIES 2     Ini merupakan vga Nvidia pertama yang menghadirkan fitur baru, yaitu pixel shader dengan sebutan “Nvidia Shading Rasterizer (NZR)”.
  • ATI RADEON R520    VGA ini menghadirkan spec. memory yang lebih efisien, kualitas image yang lebih baik dan performa yang optimal. Selain itu vga ini memiliki fitur seperti kemampuan High Dynamic Range (HDR) lighting.
  • NVIDIA GEFORCE 9 SERIES    VGA ini merupakan keluaran dari Nvidia yang paling populer dikalangan masyarakat, karena termasuk vga “High End” dan yang paling terkenal yaitu NVDIA GEFORCE 9800 GTX yang memiliki 128 stream processor, dan 256-bit memory bus.
  • NVIDIA GEFORCE 200 SERIES    VGA ini memiliki chipset keluaran terbaru dari Nvidia berhasil memaukkan 1.4 billion transistor ke dalam GPU. VGA ini juga merupakan seri Nvidia yang paling terkencang dan kemampuan yang powerful.
Sumber : http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2009/11/sejarah-perkembangan-vga/  (dibuka tanggal 23 September 2012)
                 http://files.indowebster.com/downloads/bdigefi/j474p534r484d4f5j4a406f4i5u5i5f5g4b424j444p484e5 (didownload tanggal 23 September 2012)

Review AMD E-450 dan AMD Radeon HD 6320
AMD E-450 adalah refresh E-350 Satuan Fusion Accelerated Processing, keduanya ditujukan murah ukuran penuh notebook, netbook, dan komputer faktor bentuk desktop kecil.
AMD E-450 & AMD Radeon HD 6320 Spesifikasi
E-450 tidak membawa perbaikan revolusioner di atas, E-350 baik milik seri AMD "Zacate" E. Core dual CPU clock pada 1.65GHz dibandingkan 1.6GHz di E-350. Adapun grafis ingegrated nya, E-450 termasuk AMD Radeon HD 6320 bukan 6210. Refresh grafis adalah peningkatan terbesar di APU baru. GPU 6320 dapat berjalan dalam mode Turbo, dinamis menyesuaikan kecepatan grafis jam berkisar dari 508MHz ke 600MHz, dalam rangka untuk memberikan kinerja yang lebih baik dan konsumsi daya yang rendah.
Upgrade lain adalah mengenai memory clock. The E-450 mendukung hingga 1333Hz RAM, dibandingkan 1066MHz maksimal sebelumnya. Namun, tidak banyak E-450-laptop berbasis akan mampu mendukung kecepatan memori meningkat, karena mereka datang dengan modul memori 1066MHz.
Berikut adalah spesifikasi dari AMD E-450 dengan Radeon HD 6320 grafis:
·         ganda CPU core pada 1.65GHz, 512KB dengan L2 cache per core
·         80 grafis unit shader, clock speed 508MHz ke 600MHz dari, disesuaikan dengan teknologi Turbo
·         UVD3 full HD video decoder
·         Desain Thermal Power of 18W
·         Komputasi 64-bit dan virtualisasi didukung
·         dukungan untuk memori 1066 dan 1333MHz
·         40-nanometer teknologi produksi
Uji Sistem
Sistem pengujian kami adalah baru-baru ini Asus Ulasan K53U 15,6-inch laptop dengan AMD E-450, 4GB DDR3 1066MHz RAM, 500GB 5.400 rpm hard drive, 1366 × 768 resolusi layar, dan Windows 7 Home Premium OS.
AMD E-450, Radeon HD 6320 Windows Experience Index
AMD E-450 CPU Kinerja Patokan core CPU ganda tidak cepat, bahkan jika dibandingkan dengan anggaran-kelas rekan-rekan Intel, seperti prosesor Celeron terbaru. Di sisi lain, ia lebih cepat daripada prosesor Atom Intel tercepat - dengan N570, dan cara yang lebih baik dalam hal performansi dari 8W "Ontario" C-series AMD APUS.
AMD E-450 PassMark CPU Patokan Skor

AMD Radeon HD 6320 Graphics Gaming Patokan AMD E-450 dengan AMD Radeon HD nya 6320 grafis terintegrasi baik untuk bermain lebih tua, game hardware kurang menuntut, seperti Quake 4 atau Half Life 2: Lost Coast. Anda dapat memainkan Quake 4 pada resolusi 1280 × 720 resolusi Pengaturan tinggi pada 45 frame per detik. Half Life 2 pada resolusi native laptop dari 1366 × 768 dengan semua pengaturan diatur ke max, termasuk anti-aliasing dan anti-strophic penyaringan, skor 42fps. Dengan AA dan AF dinonaktifkan, itu skor 46fps.
Game baru yang membutuhkan spesifikasi hadrware baik - seperti Crysis, Lost Planet 2, dan Far Cry 2 - yang dimainkan hanya pada pengaturan minimal pada resolusi 1280 × 720. Crysis pada pengaturan terendah berjalan pada 26fps rata-rata, sedangkan untuk Lost Planet 2 dan Far Cry 2 itu 24 dan 23fps, masing-masing.
AMD E-450 Radeon HD 6320 GPU PassMark Skor Patokan
HD 1080p Video Decoding
Salah satu fitur penting pada E-450 adalah Unified Video Decoder 3, yang menyediakan hardware decoding video high-definition. Tanpa itu, HD video decoding akan mencekik core CPU, tapi dengan itu beban CPU saat decoding meningkat hanya antara 6 dan 14 persen. Jadi, dengan APU, Anda memiliki cukup kapasitas prosesor untuk tugas-tugas lain dan halus penuh pemutaran video HD.
Kesimpulan Tentang AMD E-450 & AMD Radeon HD 6320
Ini CPU single-die / kombinasi GPU baik untuk tugas-tugas komputer biasa, yang tidak menuntut high-end hardware. The E-450 baik untuk Web, kerja e-mail, cahaya di suite kantor, dan sepenuhnya mendukung pemutaran video 1080p berkat untuk UVD3 tersebut. Ini Radeon HD 6320 grafis terintegrasi baik untuk bermain judul game yang lebih tua. Hal ini juga memungkinkan untuk bermain game yang lebih baru, tetapi hanya pada pengaturan terendah. Bila dibandingkan dengan E-350, ada peningkatan kinerja, meskipun tidak besar. Namun, keuntungan utama dari E-450 atas chip lainnya adalah keterjangkauan nya, memungkinkan harga laptop ukuran penuh dari serendah sebagai $ 400 .


SEJARAH PERKEMBANGAN 3D GRAPHICS
Saat ini teknologi sudah semakin maju dan berkembang, para developer-developer GPU (Graphics Processing Unit) mulai meningkatkan kemampuan mereka dalam menghasilkan sebuah vga card yang bagus. Berikut ini adalah beberapa vga card dari yang pertama hingga yang sekarang ini :
  • S3 ViRGE Kepanjangan dari “ViRGE adalah Virtual Reality Graphics Engine”, vga ini merupakan generasi pertama yang telah menggunakan teknologi 3D grafik. S3 ViRGE memiliki spec. 64-bit menawarkan 4 MB memory onboard, core dan memory clockspeeds up to 66 MHz, dan juga telah mendukung fitur-fitur seperti Bilinear dan Trilenear texture filtering, MIP mapping, Alpha blending, Z-buffering, dan 3D tekstur lainnya.
  • ATI RAGE 3D & RAGE II
      ATI RAGE II memiliki spec. 32-bit memory bus, dan memorynya hanya 2 MB. Karena kelemahan yang ada pada ATI RAGE 3D maka dibuatlah lagu seri ke-2nya yang diberi nama RAGE II yang memiliki spec. 8 MB SDRAM, 64-bit memory bus, memory clockspeeds up to 60 MHz, serta mendukung kemampuan untuk memutar DVD Playback.
  • NVIDIA NV3VGA ini adalah buatan pertama dari Nvidia, vga ini juga dibuat dengan desain teknologi Microsoft’s DirectX 5 API. NVIDIA NV3 memiliki spec. 4 MB memory, 100 MHz core clockspeeds, bandwith 1.6 GB/s, 206 MHz RAMDAC dan mendukung AGP 2x.
  • NVIDIA NV4 VGA ini merupaka penerus dari NVIDIA NV3, namun NVIDIA NV4 tidak ada penambahan yamh signifikan dalam spec. seperti memory maksimum ditambah menjadi 16 MB dan mempunyai clockspeeds pada 110 MHz, tetapi Nvidia manambahkan beberapa kemampuan pada NVIDIA NV4 seperti teknologi “second pixel pipeline”, 32-bit true colors, dan fitur Trilinear filtering.
  • NVIDIA GEFORCE 256 VGA Nvidia ini memiliki kecepatan performa 2 kali lebih cepat daripada seri-seri sebelumnya, vga ini memiliki spec. DirectX 7, 4-pixel Rendering pipeline dan sebuah fitur bernama “cube environment mapping” yaitu yang gunanyauntuk menciptakan efek real time reflection.
  • NVIDIA GEFORCE SERIES 2 Ini merupakan vga Nvidia pertama yang menghadirkan fitur baru, yaitu pixel shader dengan sebutan “Nvidia Shading Rasterizer (NZR)”.
  • ATI RADEON R520 VGA ini menghadirkan spec. memory yang lebih efisien, kualitas image yang lebih baik dan performa yang optimal. Selain itu vga ini memiliki fitur seperti kemampuan High Dynamic Range (HDR) lighting.
  • NVIDIA GEFORCE 9 SERIES VGA ini merupakan keluaran dari Nvidia yang paling populer dikalangan masyarakat, karena termasuk vga “High End” dan yang paling terkenal yaitu NVDIA GEFORCE 9800 GTX yang memiliki 128 stream processor, dan 256-bit memory bus.
  • NVIDIA GEFORCE 200 SERIES VGA ini memiliki chipset keluaran terbaru dari Nvidia berhasil memaukkan 1.4 billion transistor ke dalam GPU. VGA ini juga merupakan seri Nvidia yang paling terkencang dan kemampuan yang powerful.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar